Minggu, 12 April 2009

72 Mahasiswa Penerima Beasiswa akan Berangkat ke Jepang

Selasa, 31 Maret 2009 22:59 WIB

JAKARTA--MI: Sebanyak 72 mahasiswa Indonesia akan berangkat ke Jepang pada 1 April untuk melanjutkan studi mereka di berbagai disiplin ilmu sebagai penerima beasiswa Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Kami mencatat jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar ke Jepang meningkat setiap tahun, kata Kuasa Usaha Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Takio Yamada, seusai acara pemberangkatan penerima beasiswa di Kedubes Jepang di Jakarta, Selasa (31/3).

Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang masih berada di urutan keempat setelah China, Korea Selatan dan Australia, katanya.

Menurut Yamada, mahasiswa Indonesia masih lebih memilih belajar di Amerika Serikat dan Australia daripada Jepang untuk melanjutkan studi mereka.

Kami dekat satu sama lain tapi masih relatif sedikit jumlah mahasiswa Indonesia yang mau belajar di Jepang, ujarnya.

Penerima beasisiwa pemerintah Jepang itu terdiri atas 48 mahasiswa program riset, empat orang program sarjana, 15 orang program setara D3 dan lima orang program setara D2.

Selain memperoleh tunjangan setiap bulan dan tiket pulang pergi Indonesia-Jepang, mereka juga dibeebaskan dari uang kuliah.

Berdasarkan data hingga 1 Mei 2008, Kedubes Jepang mencatat 690 dari 1.791 mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang adalah penerima beasiswa pemerintah Jepang.

Kedubes Jepang akan membuka penawaran beasiswa pemerintah Jepang untuk keberangkatan tahun 2010 setelah April 2009.(Ant/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar