Minggu, 12 April 2009

Disdik Yogyakarta Tidak Pasang Target Kelulusan

Senin, 23 Maret 2009 | 08:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tidak pasang target kelulusan siswa SMA dan SMK dalam Ujian Nasional (UN) 2009.

Target kelulusan tidak ada, tetapi kami berkeinginan mampu menyelenggarakan Ujian Nasional yang lebih baik dibanding tahun lalu, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Syamsury di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, UN yang baik dinilai dari penyelenggaraan yang mengutamakan kejujuran dan tidak ada satupun penyelewengan, seperti kebocoran soal.

Jika UN dapat terlaksana dengan baik, hal selanjutnya yang diharapkan adalah tingkat kelulusan yang juga semakin baik, ujarnya.

Pada UN 2008, tingkat kelulusan di Kota Yogyakarta adalah 97 persen, namun angka tersebut belum mampu mendudukkan Kota Yogyakarta di posisi pertama dalam tingkat kelulusan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menjelang UN 2009, berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat kelulusan telah ditempuh antara lain melalui beberapa uji coba. Tapi dari uji coba itu, masih diketahui bahwa ada mata pelajaran SMA jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) yang perlu dibenahi begitu pula untuk siswa SMK, katanya.

UN untuk siswa SMA/SMK dan sederajat dilakukan serentak pada 20-24 April dengan enam mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika.

Jurusan IPA mendapat tambahan fisika, kimia, dan biologi, sedang jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar