Jumat, 27 Februari 2009

1.000 Siswa SMP Tonton Musik Edukatif Kua Etnika

YOGYAKARTA, SABTU - Sebanyak 1.000 siswa SMP se Provinsi Daerah Istmewa Yogyakarta (DIY),Sabtu menyaksikan konser musik edukatif dari Kua Etnika di Padepokan Bagong Kussudiardja, Kabupaten Bantul.
   
"Saya sangat senang dengan acara ini. Kua Etnika mengajarkan berbagai alat musik dan memainkannya dengan sangat menarik dan interaktif. Penonton pun ikut diajak ngobrol dan bernyanyi," kata salah seorang siswa SMP Negeri 1 Kota Yogyakarta, Acintyaswasti Widianing.
   
Menurut dia, pelajaran seni akan menyenangkan jika guru-guru di sekolah mengajarkannya dengan kemasan yang menarik dan tidak membosankan. "Jika guru tidak membosankan, siswa pasti akan tertarik dan senang mengikuti pelajaran," katanya.
   
Ketua Yayasan Padepokan Bagong Kussudiardja, Butet Kertarejasa, mengatakan program tersebut merupakan apresiasi seni dalam bentuk pergelaran karya seni pertunjukan yang diciptakan untuk menyampaikan materi-materi pembelajaran yang spesifik kepada masyarakat.
   
"Sasaran utamanya adalah para siswa SMP se DIY, yang terdiri dari 500 siswa di Kabupaten Bantul, 150 siswa dari Kabupaten Sleman, 110 siswa dari Kabupaten Gunungkidul, 40 siswa dari Kabupaten Kulonprogo dan 200 siswa dari Kota Yogyakarta," katanya.
   
Menurut dia, tujuan pergelaran musik bagi 1.000 siswa SMP dan sejumlah guru seni, IPA dan IPS tersebut diharapkan dapat memaknai seni dengan lebih baik, sehingga mereka bisa mengembangkan analisis seni dan membangun imajinasi seni.
   
Komposer musik dan pimpinan grup musik Kua Etnika, Djaduk Ferianto mengatakan pementasan Kua Etinka kali ini sebagai bentuk mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi melalui musik, khususnya remaja usia SMP.
   
Pada pementasan ini, disuguhkan sebuah musik yang mengangkat isu-isu sosial yang sedang berkembang di kalangan remaja. "Kami berharap, konser musik Kua etnika kali ini dapat lebih bermanfaat, khususnya para remaja agar dapat menjadikan musik sebagai penghubung suatu tema kepada orang lain," katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar