Minggu, 24 Mei 2009

Bantul, Sejumlah SD Kekurangan Kelas

BANTUL, JUMAT - Setelah 472 gedung SD di Bantul di-regrouping menjadi 372 SD, sejumlah SD kekurangan kelas karena jumlah siswa melebihi daya tampung. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bantul menganggarkan dana sekitar Rp 20 miliar untuk membangun kekurangan kelas tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bantul Sudarman, Jumat (14/3) mengatakan, pascagempa banyak gedung SD yang rusak. Untuk efisiensi, sejumlah SD digabungkan dengan SD lain. "Jadi memang ada yang masih kekurangan kelas, tapi tidak terlalu banyak," katanya.
Tahun 2008, lanjut Sudarman, sudah dianggarkan penambahan kelas senilai Rp 20 miliar. Diharapkan akhir tahun ini jumlah kelas sudah memadai. Penambahan ruang kelas disesuaikan dengan kebutuhan. "Selain dari anggaran pemerintah, bantuan dari sejumlah lembaga donor kemungkinan juga masih mengalir," katanya.
Gedung SD yang tidak terpakai sudah diserahkan ke pemerintah desa setempat. Pihak desalah yang berwenang memanfaatkan gedung tersebut. "Namun demikian diharapkan penggunaannya tetap di wilayah pendidikan, misalnya saja untuk tempat belajar informal atau tempat pelatihan ketrampilan," tuturnya.
Untuk gedung SMP, SMA, dan SMK, Sudarman memastikan kondisinya sudah layak untuk kegiatan pendidikan. Namun jika masih ada keluhan dari pihak sekolah kemungkinan kerusakan sarana pendukung. "Kalau targetnya ideal memang belum semuanya memenuhi, tapi secara umum kondisinya layak, " ujarnya.
Akibat kekurangan kelas, sejumlah sekolah terpaksa membagi jadwal belajar menjadi dua yakni masuk pagi dan masuk siang. Hal ini dialami oleh SD Sonosewu, yang masih kekurangan enam kelas lagi.
Bupati Bantul Idham Samawi meminta Dinas Pendidikan setempat untuk segera membereskan kekurangan kelas. Kalau ada yang masuk siang pasti kosentrasinya sudah hilang karena sudah dihabiskan untuk bermain dari pagi sampai siang. Sampai di sekolah tinggal ngantuknya saja. "Seluruh SD di Bantul harus masuk pagi supaya kosentrasinya maksimal," katanya.(ENY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar