Minggu, 24 Mei 2009

Sekolah Swasta Mulai Terima Siswa Baru

TEGAL, RABU - Sejumlah SLTP dan SLTA swasta di Kota Tegal mulai melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB), meskipun jadwal resmi baru akan berlangsung tanggal 1 Juli mendatang. Hal itu dimaksudkan untuk menarik lebih banyak siswa baru ke sekolah tersebut. Dalam PPDB tahun ini, sejumlah SLTA swasta juga siap menampung siswa yang belum lulus dari SLTP.
Ketua PPDB SMA Muhamadiyah Kota Tegal, Muchlasin, Rabu (25/6) mengatakan, penerimaan siswa baru di sekolahnya mulai dilaksanakan sejak Senin lalu. Meskipun demikian, hal itu masih bersifat tidak resmi. PPDB secara resmi baru akan dilaksanakan tanggal 1 Ju li mendatang. Hingga saat ini, jumlah siswa yang sudah mendaftar sekitar 10 orang.
Menurut dia, upaya itu dimaksudkan untuk menarik banyak siswa masuk ke sekolah tersebut. Sebagai sekolah swasta, SMA Muhamadiyah Kota Tegal harus memiliki kiat-kiat khusus dalam menjaring siswa. Pasalnya selama ini, sekolah swasta cenderung hanya mendapatkan sisa siswa yang tidak diterima di sekolah negeri.
Selain menerima siswa baru lebih awal daripada sekolah lain, pihaknya juga berupaya menarik siswa dengan menyebarkan brosur ke sejumlah SLTP. Selain itu, SMA Muhamadiyah Kota Tegal juga menampung siswa yang tidak lulus dalam UN SLTP tahun ini.
Meskipun demikian menurut Muchlasin, siswa yang tidak lulus harus mengisi surat pernyataan di atas materai Rp 6.000. Apabila dalam jangka waktu satu tahun ia tidak dapat menunjukkan surat kelulusan tingkat SLTP atau yang sederajat, siswa itu akan dikembalikan ke orang tua. Selain itu, siswa tersebut juga harus menyertakan surat keterangan dari SLTP awal, yang menyatakan bahwa ia sedang mencari ijazah Kejar Paket B.
PPDB lebih awal juga dilaksanakan di SMK Dinamika Kota Tegal. Sekretaris PPDB SMK Dinamika Kota Tegal, Muhamad Thohir mengatakan, sekolahnya mulai menerima siswa baru sejak Senin lalu. Hal itu juga dimaksudkan untuk menjaring lebih banyak siswa yang masuk ke sana.
Pasalnya, diduga akan terjadi penurunan jumlah lulusan SLTP yang akan melanjutkan ke SLTA. Hal itu terkait dengan kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lesu, serta kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
Dari pengalaman selama ini, sebagian siswa SMK Dinamika merupakan siswa dari luar kota. Kenaikan harga BBM sangat berpengaruh terhadap kenaikan biaya transportasi mereka. Dalam PPDB kali ini, SMK Dinamika membuka 10 kelas, dengan daya tampung 400 siswa. Jurusan yang ditawarkan meliputi teknik listrik, mesin, dan otomotif. Hingga saat ini, jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 62 orang.
Selain tingkat SLTP, sejumlah SLTP swasta juga sudah melaksanakan PPDB sejak Senin lalu. Ketua PPDB SMP Ihsaniyah Kota Tegal, Rasifah mengatakan, hingga saat ini jumlah siswa yang sudah mendaftar sebanyak sembilan orang. Untuk sementara, mereka cukup mengisi formulir, serta menyerahkan foto dan uang pendaftaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar